Berita

    Featured Image

    Hal Ini Wajib Dipertimbangkan saat Membeli Mobil Keluarga

    Banyak hal yang sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu sebelum membeli mobil keluarga. Anda harus memastikan bahwa mobil tersebut nantinya bisa benar-benar memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga saat bepergian. 

    Saat ini ada banyak sekali pilihan tipe mobil yang cocok untuk dipakai untuk berkendara bersama keluarga. Tinggal bagaimana Anda menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan anggota keluarga yang akan menggunakan mobil tersebut. 

    Pertimbangan sebelum Membeli Mobil Keluarga

    Pilihan mobil yang tepat akan membuat Anda dan keluarga bisa berkendara dengan nyaman. Jadi pastikan untuk tidak salah membuat pilihan. Berikut ini beberapa hal yang wajib untuk dipertimbangkan saat Anda ingin membeli mobil khusus keluarga. 

    • Kapasitas Mobil dan Luas Kabin

    Pertama Anda perlu memperhitungkan kapasitas mobil dan luas kabinnya. Ini harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga Anda. Pastikan mobil tersebut bisa memuat semua anggota keluarga saat bepergian. 

    Biasanya masyarakat lebih memilih mobil dengan kapasitas 6-7 orang. Namun hal ini bisa lebih fleksibel karena kembali menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga Anda. 

    • Luas Bagasi

    Selanjutnya pertimbangkan juga luas bagasi mobil. Ini juga penting untuk diperhatikan karena biasanya saat pergi bersama keluarga ada banyak barang yang harus dibawa, apalagi jika ada anak-anak. 

    luas bagasiPexels.com

    Khusus bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, luas bagasi ini juga bisa jadi bahan pertimbangan penting. Apalagi jika Anda sering membawa hewan peliharaan bepergian. 

    • Kapasitas Mesin

    Tentu saja Anda juga harus mempertimbangkan kapasitas mesin yang dimiliki oleh mobil tersebut. Pastikan kapasitas mesinnya memang cocok dengan kebutuhan berkendara keluarga Anda. 

    Mobil keluarga biasanya akan memuat banyak orang dan barang serta melaju dalam perjalanan yang panjang. Lebih baik pilih jenis mobil dengan kapasitas mesin yang besar seperti 1500cc atau lebih. 

    • Fitur Keselamatan

    Selanjutnya perhatikan juga fitur keselamatan yang ada pada mobil. Tentunya Anda sangat disarankan untuk memilih jenis mobil dengan fitur keselamatan yang lengkap demi memastikan keamanan saat berkendara. 

    Saat ini fitur keselamatan yang ada pada mobil sangat beragam. Semakin lengkap dan canggih akan semakin bagus apalagi jika Anda punya anak-anak yang sering diajak berkendara. 

    • Sistem Transmisi

    Jangan lupa pertimbangkan juga jenis sistem transmisi yang ada pada mobil sebelum membeli. Apakah mobil tersebut menggunakan sistem transmisi manual atau otomatis.

    Pilihan ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor dan harus dipikirkan matang-matang. 

    Pastikan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis transmisi. Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan faktor kemampuan mengemudi agar bisa memilih tipe mobil yang tepat. 

    • Konsumsi Bahan Bakar

    Tidak kalah penting untuk memperhatikan konsumsi bahan bakar mobil sebelum membeli. Tentu akan lebih bagus jika Anda memakai mobil dengan konsumsi bahan bakar yang tidak terlalu boros. 

    Jika Anda memilih mobil dengan konsumsi bahan bakar yang boros maka pengeluaran keluarga bisa jadi membengkak. Apalagi jika keluarga Anda terbilang sering bepergian. 

    • Harga Mobil

    Sudah pasti Anda juga harus mempertimbangkan harga mobil sebelum membelinya. Pastikan anggaran atau bujet Anda memang memadai untuk membeli mobil tersebut

    Dalam hal ini Anda bisa mendapatkan dua pilihan yaitu membeli mobil baru atau mobil bekas dengan harga yang lebih terjangkau. Pilihan kembali lagi kepada Anda sesuai dengan bujet yang tersedia. 

    Pilihlah mobil keluarga yang bisa mencukupi kebutuhan Anda untuk berkendara. Tidak perlu terburu-buru agar Anda bisa mengambil pilihan yang tepat.