Berita

    Ini Penyebab Persneling Mobil Matic yang Tidak Bisa Pindah Gigi

    Mobil dengan gigi persneling matic sudah banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Alasan utamanya adalah penggunaannya yang mudah. Dengan menggunakan mobil bertransmisi matic, Anda tidak perlu repot menginjak pedal kopling seperti pada mobil manual.

    Beberapa pabrik mobil juga sudah memperbanyak jenis mobil yang menggunakan transmisi matic karena tingginya peminat.

    Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah gigi persneling pada mobil matic tidak dapat dipindahkan. Kepanikan pasti dirasakan oleh pengguna mobil matic jika hal ini terjadi tiba-tiba.

    Mungkin Anda sudah mencoba beberapa kali, namun mobil matic Anda masih belum juga berhasil. Artinya, permasalahan ini bukanlah permasalahan yang remeh. Segera lakukan perbaikan apabila gigi persneling matic mobil Anda menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

    Sebagai pengemudi, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab gigi persneling mobil matic tidak dapat berpindah. Sehingga Anda dapat melakukan pencegahan agar gigi persneling mobil matic Anda tidak akan bermasalah.

    Penyebab Gigi Persneling Matic Tidak Bisa Pindah

            1. Switch Rem Bermasalah

    Switch rem yang mengalami kendala menjadi salah satu penyebab persneling matic tidak bisa berpindah. Anda dapat mengeceknya dengan cara menginjak pedal rem sampai penuh. Jika lampu rem tetap saja tidak menyala, tandanya switch rem mengalami masalah. 

    Switch rem yang rusak tidak harus langsung diganti dengan yang baru, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Pertama, periksa sekring yang berada di fuse box. Cobalah untuk mencabut sekring kemudian lihat penghantar arus tetap tersambung atau justru terputus. Jika sudah terputus, maka Anda tetap harus menggantinya dengan yang baru.

    Penyebab lain switch rem bermasalah adalah soket yang longgar. Jika hal ini terjadi, Anda cukup mengencangkan soket itu kembali sampai terdengar bunyi klik.

    Jika Anda sudah melakukan pemeriksaan pada soket dan fuse box namun tetap tidak ada yang bermasalah, kemungkinan switch dalam posisi yang kurang pas. Anda dapat menyetelnya kembali menggunakan kunci pas berukuran 12 mm. Putra kunci pas tersebut ke kiri dan kanan sampai switch rem normal kembali.

    Jika beberapa usaha di atas masih belum ada yang berhasil, maka switch perlu diganti dengan yang baru.

            2. Switch Rem Kotor

    Switch rem yang kotor juga mampu menyebabkan  gigi persneling matic tidak dapat dipindah atau digerakkan. Beberapa penyebab yang membuat switch rem kotor adalah terdapat kotoran, debu atau sisa-sisa pelumas yang masih menumpuk sehingga fungsi switch rem hilang.