Berita

    Ketahui 5 Simulasi Perhitungan Kredit Mobil

    Kebutuhan akan kendaraan roda empat semakin meningkat dari hari ke hari. Tidak sedikit individu yang mulai melakukan perhitungan kredit mobil agar dapat memiliki mobil dengan cara kredit di bank. Anda yang ingin berencana untuk melakukan kredit mobil, perlu memperhatikan beberapa aspek.

    Tidak hanya aspek keuangan, tetapi juga fungsi dan kebutuhan kendaraan yang ingin Anda miliki. Ketika mengajukan kredit mobil, Anda harus tahu betul kondisi keuangan atau ekonomi Anda. Agar lebih jelas, sebaiknya Anda memperhatikan artikel di bawah ini!

    5 Simulasi Perhitungan Kredit Mobil

    Sebelum melakukan kredit pengambilan mobil, Anda tidak hanya perlu mempersiapkan uang saja. Diperlukan simulasi perhitungan kredit ketika ingin membeli mobil. Tujuan dari simulasi ini adalah agar Anda tidak terbebani hutang kredit di kemudian hari.

    Adanya simulasi perhitungan kredit ini berguna agar Anda tidak mengalami miscalculation ketika membeli mobil. Karena mobil ini termasuk barang mewah yang membutuhkan uang dalam mendapatkan serta merawatnya. Maka dari itu, lebih baik Anda simak 5 cara simulasi perhitungan untuk kredit mobil di bawah ini:

            1. Tentukan Down Payment (DP)

    Hal pertama yang dapat Anda perhatikan adalah menentukan DP atau down payment ketika kredit mobil. Biasanya, Anda wajib untuk membayar DP sebesar 20% dari total harga mobil. Biaya DP ini bervariasi dan menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing dealer mobil.

    Tidak jarang pula ada DP yang hanya 0% karena adanya promo atau sebagainya. Jadi, perhitungannya adalah jika Anda membeli mobil dengan harga Rp300 juta, maka biaya DP yang harus Anda siapkan adalah sebesar Rp60 juta.

            2. Hitung Bunga Kredit

    Tips kedua ketika Anda melakukan perhitungan kredit untuk mobil adalah menghitung bunga kredit. Rumus dalam menghitung aspek satu ini adalah pokok kredit x persentase suku bunga. Tujuannya adalah agar Anda dapat menghitung tenor waktu cicilan yang akan Anda pilih.

            3. Tentukan Nominal Cicilan

    Simulasi perhitungan kredit mobil berikutnya adalah menentukan nominal cicilan. Pada aspek ini Anda wajib mempertimbangkannya dengan seksama, karena nominal cicilan ini ditentukan atas kesadaran dan kemampuan diri sendiri.

    Rumus yang digunakan adalah pokok kredit + bunga kredit : tenor cicilan. Anda dapat mulai menghitung nominal cicilan, agar Anda dapat memikirkan biaya cicilan yang dikeluarkan setiap bulannya. Usahakan Anda tidak mengambil cicilan yang begitu tinggi jika kebutuhan Anda masih banyak.