Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Merawat Kabin Mobil Agar Tetap Bersih

    Kebersihan kabin mobil adalah faktor utama yang menimbulkan kenyamanan bagi pengemudi dan pengendara. Saat berkendara, terutama menempuh perjalanan panjang, kebersihan kabin harus tetap dijaga agar penumpang di dalamnya tidak terganggu.

    Menjaga kebersihan kabin tidaklah sulit. Anda bisa terapkan cara merawat kabin mobil yang akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya agar kendaraan tetap bersih dan Anda bisa lebih nyaman saat berkendara.

    Cara Simpel Merawat Kabin Mobil

    Kabin mobil adalah bagian mobil yang punya fungsi penting. Istilah lainnya adalah bodi mobil di mana di sinilah pengemudi dan penumpang duduk saat berkendara. Karena sering digunakan, kabin mobil harus dirawat baik-baik.

    Jangan sampai kabin mobil menjadi sarang virus dan debu serta kotoran bertumpuk di sini. Melihat hal itu, pastilah kita tidak nyaman berada di dalamnya. Apa saja yang harus dilakukan untuk merawat kabin mobil? Simak informasinya di bawah ini!

    • Sediakan Tempat Sampah Mobil

    Tempat sampah adalah benda wajib ada yang bisa membantunya menjaga kebersihan mobil. saat mobil digunakan, ada kalanya Anda membuang bungkus makanan, permen, botol air minum dan lain-lain.

    Keberadaan tempat sampah membuat mobil tertata rapi karena celah-celah mobil dan kompartemen tidak akan penuh oleh kemasan makanan atau bungkus plastik. Pilih tempat sampah berpenutup dan tahan air agar sampah di dalamnya tidak berserakan saat mobil mengalami guncangan.

    Atau bisa pula gunakan plastik sampah dan gantung di tempat yang strategis. Yang tidak kalah penting, buang sampah di mobil secara berkala.

    • Bersihkan Karpet dan Jok Mobil

    Karpet mobil merupakan bagian yang sering digunakan penumpang. Selain itu, penempatannya yang berada di lantai membuat karpet pasti selalu kena kotoran, debu bahkan remah makanan.

    Itulah sebabnya, karpet mobil adalah bagian yang wajib dibersihkan agar kondisi kabin terawat dan nyaman saat mobil digunakan. Ketika mencuci karpet mobil, lepaskan karpet dan bersihkan dengan air mengalir sambil menggunakan cairan pembersih.

    Apabila karpet terdapat noda yang sulit dihempaskan dengan cairan pembersih, gunakan sikat karpet dan jemur sampai benar-benar kering. Selagi menunggu karpet kering, bersihkan bagian kabin dengan menggunakan alat pembersih debu dan vacuum cleaner. Bersihkan sela-sela kabin, dashboard, dan jok mobil.

    Bersihkan kulit jok dengan menggunakan penyedot debu dan lap basah. Gosok permukaan jol menggunakan cairan pelembab khusus yang membuat kulit jok bersih. Buka pintu mobil agar air bekas lap menguap.

    • Gunakan Car Seat Organizer