Berita

    Featured Image

    Ketahui Jenis Asuransi Mobil & Manfaatnya

    Sebelum membeli asuransi mobil, penting untuk mengetahui jenis asuransi mobil yang tersedia. Asuransi mobil menjadi hal yang patut dimiliki oleh para pemilik kendaraan. 

    Selain memberikan perlindungan, asuransi mobil juga dapat mengurangi beban finansial akibat kerusakan kendaraan akibat kecelakaan. Berikut adalah beberapa jenis asuransi kendaraan roda empat yang umum ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

    Jenis Asuransi Mobil

    Anda perlu mengetahui beberapa jenis asuransi untuk mobil yang tersedia. Berikut jenis-jenis paling umum asuransi mobil tersebut:

    • Asuransi Mobil All Risk

    Asuransi mobil ini memberikan perlindungan penuh terhadap kerusakan akibat kecelakaan, pencurian, dan kebakaran. Asuransi ini juga mencakup kerusakan yang disebabkan oleh faktor alam seperti banjir, gempa bumi, dan badai.

    Meskipun premi yang harus dibayarkan lebih mahal, manfaat yang diberikan cukup besar dan memberikan rasa aman lebih bagi Anda.

    Dengan demikian, asuransi mobil all risk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meminimalkan risiko kerugian finansial akibat kerusakan kendaraan.

    • Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

    Asuransi mobil TLO memberikan perlindungan terhadap kerusakan mobil hingga mencapai 75% dari harga kendaraan.

    Jika kerusakan mobil melebihi batas tersebut, pemilik mobil akan mendapatkan penggantian mobil baru atau uang sesuai dengan yang telah disepakati dalam polis.

    Namun, jika kerusakan mobil lebih rendah dari 75%, pemilik mobil hanya akan menerima biaya perbaikan sesuai dengan harga kendaraan saat itu.

    • Asuransi Mobil Co-Penumpang

    Asuransi co-penumpang adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atau tanggung jawab hanya kepada pengemudi atau penumpang dalam hal kematian atau cacat. Biasanya, kompensasi yang diberikan mencapai 100%.

    • Asuransi Mobil Comprehensive

    Jenis asuransi mobil ini memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat kecelakaan, pencurian, dan kebakaran. Asuransi ini juga mencakup kerusakan yang disebabkan oleh faktor alam seperti banjir, gempa bumi, dan badai.

    Perbedaannya dengan all risk adalah jenis asuransi comprehensive tidak mencakup kerusakan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang tidak memiliki izin atau dalam keadaan mabuk.

    Manfaat Asuransi Mobil