Berita

    Ketahui Tips Menghindari Kebakaran Pada Mobil

    Baru-baru ini sering terjadi peristiwa kebakaran mobil di jalanan. Tentu saja peristiwa ini membuat was-was pengendara jalan. Sebab selain membahayakan pemilik mobi, juga bisa merembet ke kendaraan lain.

    Penyebab mobil terbakar di jalanan bermacam-macam. Mulai dari faktor internal yang berhubungan dengan mesin, maupun eksternal karena kelalaian manusia. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui penyebab mobil terbakar dan cara menghindarinya.

    Penyebab Kebakaran Mobil

    Setidaknya ada 5 penyebab mobil tiba-tiba terbakar. Berikut selengkapnya:

            1. Mesin Terlalu Panas

    Faktor pertama yakni karena mesin mengalami overheat atau peningkatan suhu. Penyebabnya pemakaian mobil yang terlalu lama, sehingga mesin sangat panas dan suhu oli meningkat. Akibatnya ada kebocoran pada oli yang bisa memicu munculnya api.

            2. Listrik pada Mobil Rusak

    Pemicu berikutnya adalah sistem aliran listrik yang mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan pada sistem kelistrikan karena adanya permasalahan pada oli yang memicu munculnya gas hidrogen. Gas yang berkumpul pada mesin mobil, bisa menyebabkan kebakaran. 

            3. Oli Bocor

    Kebocoran pada komponen oli dan bahan bakar mobil sangat membahayakan. Sebab komponen tersebut menampung bahan yang mudah sekali memicu kebakaran. 

    Maka dari itu jika menemukan tangki bocor atau masalah pada oli, segera bawa ke bengkel. Supaya kedua bahan tersebut tidak mengenai mesin mobil saat sedang berjalan.

            4. Mobil Cacat

    Permasalahan pada desain mobil juga bisa memicu kebakaran. Maka dari itu, jika perusahaan lalai dalam memproduksi, unit mobil akan di-recall. 

            5. Kelalaian Pemilik

    Kebakaran mobil juga bisa terjadi karena kelalaian pemilik. Entah itu meletakkan bahan mudah terbakar pada kabin, atau bisa juga tidak merawat mobil. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam perawatan kendaraan.

    Tips Menghindari Kebakaran Mobil

    Untuk menghindari mesin mobil mengalami kebakaran, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut ini:

            1. Pengecekan Oli secara Berkala

    Oli dan bahan bakar harus diperiksa secara berkala. Apakah mengalami kebocoran, atau mengalami masalah lain.

    Jika terdapat tetesan oli karena tangki bocor, maka harus segera ditangani. Supaya cairan ini tidak mengenai mesin mobil yang panas dan menyebabkan kebakaran.