Berita

    Featured Image

    Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang? Ini Penyebab & Solusinya

    Salah satu masalah mobil yang cukup sering terdengar yaitu berkurangnya oli mobil secara cepat. Sebenarnya, ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab oli mesin berkurang.

    Sebagai pengguna mobil, informasi ini sebaiknya Anda ketahui dengan baik. Pastikan juga Anda tahu bagaimana cara mengatasi masalah ini, sehingga mobil bisa kembali digunakan dengan aman dan nyaman.

    Penyebab Oli Mesin Berkurang dengan Cepat

    Oli mesin merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan kondisinya, sehingga dapat melumasi mesin mobil dengan optimal.

    Namun, bisa jadi terdapat masalah pada komponen tersebut, misalnya oli yang berkurang secara tidak wajar atau terlalu cepat. Berikut adalah hal-hal yang bisa menjadi permasalahan oli ini.

    • Pemakaian Berlebihan

    Penyebab oli mesin berkurang pertama yaitu penggunaan berlebihan, misalnya karena adanya masalah di dalam komponen mesin sehingga pemakaian oli menjadi boros.

    Hal ini dapat mengakibatkan oli masuk ke dalam ruang bakar secara berlebihan, lalu terbakar bersama dengan bahan bakar di sana.

    • Terjadi Kebocoran

    Hal kedua yang bisa menjadi penyebab oli mesin berkurang secara cepat yaitu jika terjadi kebocoran.

    Kebocoran oli ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya terjadi retakan pada komponen mesin mobil, seal karet yang mulai aus, dan terjadinya kerusakan pada bagian filter.

    oli mobil bocoriStock.com

    Jika Anda dapat melihat bercak atau tumpahan oli, maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut, serta penggantian komponen jika memang diperlukan.

    • Ada Masalah di Bagian PCV Valve

    Penyebab berikutnya yaitu bisa jadi karena terjadi sumbatan atau kerusakan di bagian PCV Valve, sehingga oli lebih mudah terserap.

    • Usia Pakai

    Setiap komponen mobil tentunya memiliki masa pakai yang perlu diperhatikan dengan baik, lalu diganti jika usia pakainya sudah habis.

    Hal ini juga berlaku untuk oli mesin, karena kualitasnya dapat menjadi buruk seiring berjalannya waktu serta jarak tempuh kendaraan. Ini juga dapat menjadi penyebab borosnya pemakaian oli mesin, karena lebih mudah menguap.

    • Kurangnya Perawatan

    Berbagai kerusakan komponen juga dapat disebabkan oleh kurang teraturnya perawatan mobil. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda melakukan servis secara rutin dan merawat mobil dengan baik.

    • Buruknya Pemakaian Mobil atau Kondisi Jalan yang Dilalui

    Jika Anda berkendara secara sembarangan, maka mungkin saja bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada komponen mobil, termasuk oli mesin. Ini juga dapat mengakibatkan munculnya kebocoran sehingga penggunaan oli semakin boros.

    Selain cara mengemudi yang sembarangan, kondisi jalan yang kurang baik juga dapat menyebabkan masalah tersebut.

    Cara Mencegah dan Mengatasi Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

    Sebelumnya, telah dijelaskan penyebab oli mesin mobil cepat berkurang. Dari berbagai penyebab tersebut, maka Anda dapat mengatasinya dengan cara yang sesuai. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi oli mesin berkurang dengan cepat:

    • Gunakan oli dengan kualitas yang bagus.

    • Ganti oli secara rutin, jangan tunda penggantian jika oli sudah tidak layak pakai.

    • Lakukan pengecekan komponen oli secara rutin.

    • Jika oli mengalami masalah dan tidak bisa Anda tangani sendiri, maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    • Lakukan servis rutin, sehingga dapat mencegah munculnya berbagai kerusakan komponen mobil, termasuk oli mesin.

    • Hindari penggunaan mobil secara kasar atau sembarangan.

    • Usahakan untuk menghindari atau meminimalisir melewati jalanan yang rusak atau kurang baik.

    Itulah berbagai hal yang bisa menyebabkan berkurangnya oli mesin mobil secara cepat, serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

    Jika mengalami masalah ini, maka solusi terbaiknya adalah membawa mobil ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Servis rutin juga perlu dilakukan supaya kondisi seluruh komponen tetap terawat dengan baik.