Berita

    Simak Tanda Air Radiator Habis & Cara Mengatasinya

    Air radiator habis menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan pengendara. Lebih-lebih jika mengingat suhu mesin merupakan faktor penting pada kendaraan. Untuk menjaga suhu mesin, air radiator akan membantu proses tersebut. 

    Sebagai sebuah komponen yang penting, mengabaikan kondisi cairan di ruang mesin merupakan hal yang tidak baik. Jika perawatan pendinginan tidak dilakukan dengan maksimal, hal ini akan menjadi bencana besar dan merugikan.

    Ciri-ciri Air Radiator Habis

    Sebenarnya, agar tidak kehabisan air radiator, berikut berbagai tanda air radiator habis yang harus Anda ketahui, antara lain:

            1. Indicator Kendaraan Berada di Warna Merah

    Ketika suhu mesin normal, umumnya jarum akan berada di tengah. Tetapi, ketika air radiator berkurang atau habis, tentu jarum akan menuju warna merah. Hal ini disebabkan karena kemampuan pendingin berkurang. 

    Dengan berkurangnya kemampuan pendinginan, temperature keseluruhan mesin menjadi lebih panas. Jika semakin naik dan mendekati warna merah, berarti mesin menjadi semakin panas. 

    Anda harus meluangkan waktu untuk memeriksa hal tersebut sebelum berkendara atau saat mengemudi, sehingga bisa terhindar dari masalah. 

            2. AC Mobil Tidak Dingin

    Apakah Anda merasa jika AC mobil kurang dingin atau bahkan sama sekali tidak dingin? Jika hal tersebut terjadi, ini menjadi tanda air radiator habis. Ketika air radiator sudah habis, mesin akan segera menghentikan putaran kompresor AC agar mengurangi beban mesin. 

    Saat kompresor berhenti, udara dingin juga ikut berhenti dan AC akan kurang dingin. Tetapi, tidak semua mobil mengalami kejadian tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus melihat tanda yang lainnya. 

            3. Uap Air Muncul dari Kap Mesin

    Munculnya uap air dari kap mesin menandakan jika air radiator sudah habis yang disebabkan karena kebocoran sistem pendingin. Hal ini dapat disebabkan karena pecahnya selang radiator. 

    Penyebab lainnya seperti water pump yang mengalami kebocoran atau sambungan selang yang terlepas. Uap air bisa muncul karena mesin yang terlalu panas. Jika hal ini dibiarkan saja, mesin akan mengalami kerusakan. 

            4. Mesin Menjadi Kasar dan Muncul Suara Ngelitik

    Bila air radiator habis, mesin bisa memiliki suara yang kasar. Mesin yang overheat bisa mempengaruhi sistem pembakaran di ruang mesin.