Berita

    Kenali Penyebab Blower AC Mobil Mati

    Blower AC mobil adalah komponen yang berguna untuk menghembuskan udara dari evaporator ke kabin mobil dan menjadi bagian penting yang tidak bisa ditinggalkan agar AC bisa bekerja dengan maksimal. 

    Karena dengan performa AC mobil yang baik dapat membuat kondisi udara di dalam mobil lebih baik tanpa khawatir kepanasan atau berakhir diterpa oleh angin kencang karena mencari udara lewat jendela mobil. 

    Namun, ada kalanya blower pada AC mobil mati dan cukup merepotkan ketika kita tidak tahu pasti apa penyebabnya. 

    • Ada Masalah Kompresor pada Blower AC Mobil

    Kompresor pada blower AC adalah bagian penting yang membuat AC mobil dapat bekerja sebagaimana mestinya. Kerusakan pada kompresor bisa disebabkan oleh beberapa hal. 

    Yang pertama adalah kompresor yang tidak digunakan dalam waktu yang lama sehingga membuat kompresor “kaget”. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda rajin mengecek dan menggunakan blower AC selama setidaknya 15 menit setiap seminggu sekali. 

    Ini akan membantu menghindari kompresor dari kejutan sistem karena digunakan secara tiba-tiba. Atau alasan lainnya, seperti kopling kompresor pada AC yang mengalami macet. 

    Perlu diperhatikan, jika kompresor macet pada posisi “off” sudah pasti akan membuat kompresor tidak bekerja. Sedangkan, jika macet dalam posisi “on” maka akan membuat AC terus bekerja sehingga bisa menghabiskan freon yang tersedia. 

    • Masalah pada Evaporator AC

    Evaporator atau inti evaporator dalam sistem pendingin udara bertindak seperti radiator kecil. Ia terletak jauh di dalam dasbor, sehingga jika terjadi kerusakan di bagian ini, perbaikannya merupakan hal yang cukup sulit. 

    Dalam sistem kerja AC, evaporator lah yang mengalirkan udara dingin ke kompartemen penumpang. Penyebab kerusakan paling umum adalah adanya kebocoran dalam evaporator. 

    Bisa juga karena adanya sumbatan seperti debu, daun atau sampah yang menghalangi evaporator dan lebih buruknya menyebabkan korosi. Ketika evaporator AC mobil berhenti bekerja, ini tanda Anda harus segera menggantinya.

    • Masalah Listrik

    Masalah kelistrikan termasuk salah satu masalah yang paling sulit untuk didiagnosa ketika menyangkut blower AC mobil yang berhenti bekerja. 

    Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek semua kabel yang terhubung dengan blower AC agar bisa mengetahui ada atau tidaknya kabel yang terlepas atau terputus dari tempatnya.