Berita

    Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala

    Kipas radiator mobil adalah salah satu komponen mesin mobil penting yang berfungsi untuk menjaga pendingin agar tetap berada di suhu yang tepat agar bisa beroperasi. Namun, bagaimana jika kipas radiator mobil nyala terus-terusan?

    Radiator mobil yang terus menyala menjadi indikasi adanya sesuatu yang tidak beres dalam komponennya. Sayangnya, ketidakberesan ini jarang disadari oleh pemilik mobil. Sang pemilik hanya akan merasakan pengalaman mobil yang kurang nyaman.

    Macam-Macam Hal yang Menyebabkan Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

    Ketika mesin mobil dimatikan, kipas radiator seharusnya ikut mati. Namun, dalam beberapa kasus, kipas radiator akan tidak berhenti berputar. Oleh karena itu, cari tahu penyebab mengapa kipas radiator mobil tidak ikut mati saat mesin dimatikan.

    • Sudah Setelan Pabrik

    Sebab yang pertama adalah mesin memang dibuat seperti itu oleh pabriknya. Beberapa pabrikan mobil merancang kipas radiator agar bisa terus menyala. Pada beberapa mobil seperti visco fan radiator, kipasnya dibuat tersebut berputar sesuai arah putaran mesin.

    Contoh mobil yang didesain seperti ini adalah Isuzu tipe Kijang dan Toyota Hilux Diesel.

    • AC Nyala

    Jangan heran apabila Anda menyalakan sistem pendingin ruangan, kipas radiator mobil ikut menyala. Model kipas seperti ini ditemukan pula di kendaraan yang dilengkapi dengan kipas pendingin elektrik.

    Kipas tersebut berfungsi untuk mendinginkan kondensor AC supaya mesin tidak cepat panas, sehingga AC di mobil menyala maksimal. Tipe mobil dengan kipas radiator seperti ini adalah Avanza. 

    • Kondisi Tidak Normal

    Kipas radiator mobil nyala bisa jadi karena kondisi mobil sedang tidak normal, misalnya karena mesin kekurangan air radiator sampai mencapai 1/3 bagian.

    Apabila ini terjadi, cylinder head mobil akan panas sehingga memicu sensor suhu yang memberitahukan supaya mesin menyalakan kipas radiatornya.

    Karena cairan di dalam radiator kurang, kipas radiator akan menyala terus. Selain itu, keadaan mesin pun semakin panas, sehingga kipasnya tidak memberikan efek pendinginan yang maksimal.

    • RPM Rendah

    RPM menjadi rendah saat mesin dibiarkan berputar di posisi idle dengan durasi lama. Hal ini menyebabkan kipas radiator mobil menyala terus, membuat suhu mesin panas sampai 96 derajat Celcius.

    Selain itu pula, keadaan soket atau kabel yang bisa saja rusak atau terlepas membuat sensor suhu pendingin mesin akan menyalakan kipas saat sensor tersebut dilepaskan.

    • Sensor Temperatur Air Rusak