Berita

    Ketahui Penyebab Remote Keyless Tidak Berfungsi

    Tidak semua orang tahu penyebab remote keyless tidak berfungsi pada mobil terutama bagi orang yang awam dengan dunia otomotif. Padahal untuk mengatasinya, pengguna mobil dengan teknologi remote keyless ini perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

    Fitur remote keyless atau smart entry access memang sangat memudahkan dalam banyak hal. Mulai dari membuka dan menutup pintu mobil, membuka bagasi, membuka jendela, hingga mengaktifkan dan menonaktifkan alarm mobil secara otomatis.

    Penyebab Remote Keyless Tidak Berfungsi

    Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan remote keyless pada mobil tidak bekerja sebagaimana mestinya. Supaya lebih tahu tentang apa saja menyebabkannya, sebaiknya simak penjelasan berikut hingga akhir.

    • Baterai Remote Keyless Lemah 

    Penyebab yang paling sering dialami, yaitu karena baterai di dalamnya sudah hampir habis. Penyebab satu ini sering kali tidak disadari oleh para pemilik mobil yang menggunakan teknologi smart entry access.

    Ketika baterai remote keyless hampir habis biasanya akan mengalami respons yang lambat saat digunakan. Tidak hanya itu, lampu indikatornya pun lebih redup dari biasanya.

    Cara mengatasinya sangat mudah cukup ganti baterai remote keyless dengan yang baru. Tapi, jika dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menggantinya atau tidak membawa cadangan baterai.

    Pengendara bisa menyalakan mobil dengan mendekatkan remote keyless tersebut ke tombol start atau stop. Sembari menginjak pedal rem hingga lampu indikator berwarna hijau. 

    • Remote Keyless Terendam Air

    Ada banyak orang yang lupa mengeluarkan remote keyless dari sakunya ketika hendak mencuci baju atau celana. Sehingga membuat remote keyless tersebut ikut tercuci dan terendam air. Penyebab remote keyless tidak berfungsi satu ini dapat menimbulkan kerusakan yang cukup fatal.

    Jika, teredam dalam waktu yang lumayan lama kunci canggih tersebut pasti akan mati total dan tidak bisa digunakan untuk mengoperasikan mobil. Cara mengatasinya bisa dengan memanfaatkan kunci darurat mobil jika tidak memiliki kunci cadangan.

    Namun, sebelum menggunakan kunci darurat pastikan sudah melepas kabel sekring klakson supaya alarm tidak berbunyi ketika membuka pintu mobil. Lalu segera cari bengkel terdekat yang bisa memperbaiki remote keyless tersebut.

    • Rolling Code Melewati Masa Aktif