Berita

    Mengungkap Fungsi dan Jenis Dari Dongkrak Mobil

    Dongkrak mobil merupakan perangkat yang penting dari mobil. Sebagai tuas pengungkit beban, alat ini sangat dibutuhkan untuk mengangkat mobil, jika terjadi trouble karena itu, ia menjadi perlengkapan yang wajib ada di dalam mobil. Dongkrak sendiri adalah sebuah alat atau pengungkit untuk mengangkat barang berat yang digerakkan tangan. Ia dirancang sedemikian rupa, sehingga mempermudah kerja seseorang.

    Fungsi dongkrak adalah alat bantu yang meringankan kerja manusia, biasanya alat ini digunakan untuk mobil. Aplikasinya pada mobil cukup sederhana. Tinggal letakan pada satu sisi mobil, putar pengunci dongkrak dengan tuas, maka ia akan mengangkat bagian mobil, dimana ia diletakkan.

    Alat bantu ini sangat penting, ketika ada masalah pada mobil dan pengemudi terpaksa harus masuk ke kolong mobil. Utamanya masalah pada ban. Untuk mengganti ban, tentu sulit mengangkat mobil dengan kekuatan tangan, disinilah peran dongkrak dibutuhkan. Karena penting sebagai perlengkapan mobil, dongkrak terus dikembangkan dengan inovasi teknologi yang semakin baik, sehingga memudahkan penggunaannya. Ada dongkrak hidrolik dan berbagai jenis lainnya yang bisa menjadi pilihan pengguna mobil.

    Jenis Dongkrak

    Dongkrak memiliki ragam jenis bentuk. Ia menjadi alat bantu paling penting yang perlu dibawa setiap melakukan perjalanan. Dongkrak apa yang Anda pilih untuk membantu mobil Anda, jika mengalami trouble. Simak jenisnya :

     1. Dongkrak Gunting

    Dongkrak gunting biasanya menjadi alat perlengkapan standar dalam mobil. Sebagai perlengkapan standar dongkrak gunting, biasanya disertakan setiap pembelian mobil baru. Cara kerjanya cukup sederhana yakni dengan memutar poros ulir searah jarum jam dengan tongkat engkol sebagai pengencang. Setiap putaran ulir akan menghasilkan daya angkat yang mengungkit mobil. Pada saat selesai memasang ban atau memperbaiki kerusakan di kolong mobil, dongkrak tinggal dikendorkan, dengan putaran berlawanan arah jarum jam. Dongkrak jenis ini, dianggap praktis dan murah. Namun membutuhkan tenaga yang cukup besar.

    2. Dongkrak Transmisi

    Dongkrak jenis ini, biasa digunakan untuk untuk menyangga transmisi. Transmission Jack sebutan lainnya, berguna untuk mengangkat dan menurunkan transmisi mobil, saat dinaikan dengan car lift untuk perawatan mesin. Keunggulan dongkrak transmisi, ada pada daya angkat yang sangat kuat. Ia mampu mengangkat beban berat seperti bagian transmisi mobil. Alat ini sangat membantu mekanik yang ingin melakukan treatment mesin mobil. Untuk itu, ie menjadi perlengkapan wajib yang dimiliki bengkel mobil.