Berita

    Featured Image

    Seri Mobil Suzuki Lama yang Masih Cocok Digunakan Sekarang

    Apakah Anda tau, bahwa beberapa mobil Suzuki lama yang masih cocok digunakan sekarang. Salah satu contohnya adalah Suzuki Swift dengan efisiensi BBM dan manuver yang dinamis. Beberapa model lain seperti Grand Vitara hingga Jimny pun masih diproduksi hingga kini.

    Fitur-fitur mobil lawas tersebut masih memadai untuk digunakan pada masa sekarang. Ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas Suzuki. Jadi, mari ketahui apa saja daftar mobil beserta fiturnya berikut ini!

    4 Seri Mobil Suzuki Lama yang Masih Cocok Digunakan Sekarang

    Mulai dari Suzuki Swift hingga Suzuki Karimun Wagon R, berbagai seri mobil di bawah ini masih ideal bila digunakan sekarang:

    • Suzuki Swift

    Seri pertama adalah Suzuki Swift yang merupakan mobil tipe hatchback. Pemasaran mobil ini menggunakan nama ‘Cultus’ saat dilakukan di Jepang tahun 1983 lalu. Namun, berganti menjadi Suzuki Swift saat pemasaran di luar Jepang tahun 1985.

    Desain seri ‘Swift’ ini sporty dengan LED pada bagian depan. Terdapat pula grille yang meningkatkan tampilan eksterior mobil.

    Kapasitas mesin ini 1.5000 cc, cukup memadai untuk berkendara yang nyaman. Mesin juga mendukung efisiensi bahan bakar yang bisa menghemat pengeluaran. 

    Pada jalanan kota yang padat, Suzuki Swift juga tidak masalah dikendarai. Sebab, manuver dan handling mobil ini responsif. Kepercayaan pengemudi pun meningkat, terutama ketika harus melewati tingkungan tajam.

    • Suzuki Grand Vitara

    Selanjutnya, terdapat Suzuki Grand Vitara yang ideal bagi peminat SUV. Salah satu ciri khas mobil ini adalah pemasangan ban serep di pintu mobil belakang. Kesan SUV pada tahun 90an hingga 2000 pun semakin terasa.

    Pengaturan spion samping pada seri ini bisa Anda atur secara elektrik. Ini yang membuat mobil masih cocok digunakan hingga kini dan tidak terasa tua. Terlebih dengan mesin yang ketahanannya tinggi, sehingga bisa Anda andalkan dalam penggunaannya.

    Kapasitas mesin pada Grand Vitara sendiri 1.995 cc dengan torsi maksimum 183 Nm dan tenaga 138 hp. Versi perilisan 2009 pun lebih besar lagi, yakni 2.393 cc dengan torsi 225 Nm dan 164 hp.

    Lalu, untuk tipe mobil lawas fitur yang tersedia pada Grand Vitara cukup lengkap. Beberapa di antaranya audio switch, kunci keyless, smart key system, serta power steering.  

    • Suzuki Jimny

    Mobil Suzuki lama lainnya yang masih cocok digunakan sekarang berikutnya adalah Suzuki Jimny 1998. Model Suzuki yang satu ini adalah salah satu model ikonik dari jajaran kendaraan off-road yang diproduksi oleh Suzuki. Kendaraan ini terkenal dengan desainnya yang kompak dan kemampuan off-road yang luar biasa, menjadikannya populer di kalangan penggemar petualangan dan kegiatan luar ruangan. Meskipun berukuran kecil, Jimny 1998 memiliki kemampuan yang tangguh di medan berat, berkat sistem penggerak 4WD yang andal dan ground clearance yang tinggi.

    Jimny 1998Unsplash.com

    Dari segi spesifikasi, Suzuki Jimny 1998 dilengkapi dengan mesin 1.3 liter 4-silinder yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 80-85 PS pada 6000 rpm dan torsi sekitar 104 Nm pada 4500 rpm. Pilihan transmisi termasuk 5-percepatan manual atau 4-percepatan otomatis. 

    Dimensi kendaraan ini adalah panjang sekitar 3,645 mm, lebar 1,600 mm, dan tinggi 1,705 mm, dengan jarak sumbu roda 2,250 mm. Sistem suspensi menggunakan rigid axle dengan per keong di depan dan belakang, yang memberikan stabilitas tambahan di medan yang tidak rata.

    • Suzuki Karimun Wagon R

    Satu lagi seri mobil lawas yang masih relevan hingga kini, yakni Karimun Wagon R. Mobil ini memiliki bentuk kotak dengan kabin yang luas. Atap mobil ini cukup tinggi untuk Anda yang jangkung.

    suzuki karimun wagon

    Pengendalian mobil ini cukup lincah dengan kecepatan laju hingga 160 km/jam. Ini berkat mesin 3 silinder dengan kapasitas 1.000 cc. Bobot mobilnya juga ringan, yaitu 835 kg.

    Konsumsi bahan bakar minyak Karimun Wagon R juga lebih irit. Mobil ini adalah tipe LCGC yang proporsional dan nyaman untuk dikendarai.