Berita

    Simak Fungsi dan Cara Kerja Expansion Valve Pada Mobil

    Expansion valve atau katup ekspansi menjadi komponen yang berada di dalam sistem AC dalam mobil. katup ekspansi memiliki peran yang begitu penting agar dapat membantu kinerja AC untuk membuat udara menjadi lebih dingin, yakni dengan menurunkan tekanan freon.

    Pada dasarnya, katup ekspansi menjadi salah satu komponen yang harus terus menerus dijaga kondisinya sehingga kinerja AC mobil bisa berada dalam performa yang maksimal. 

    Fungsi yang Dimiliki Expansion Valve

    Ada berbagai macam fungsi yang dimiliki katup ekspansi. katup ekspansi bukan hanya bertugas menyalurkan freon yang akan dikeluarkan dari evaporator AC mobil, namun komponen ini memegang kendali penting untuk proses pergerakan freon. 

    Berikut berbagai fungsi expansion valve, antara lain:

    Mendinginkan temperature

    Fungsi dari katup ekspansi yang pertama ialah mendinginkan temperatur freon. katup ekspansi nantinya akan membuat freon menurunkan suhunya, sehingga dapat disalurkan serta menyebar, dan akhirnya dapat membuat udara di mobil menjadi dingin. 

    Bukan hanya itu, katup ekspansi ini juga dapat menurunkan tekanan freon AC mobil sampai suhu -30 derajat. Fungsi ini dilakukan agar dapat mempersiapkan udara dingin yang sesuai dengan suhu pada AC. Proses pendinginan pada AC bergantung dari cara kerja katup ini.

    Mengatur sedikit banyaknya freon yang disalurkan

    Fungsi katup ekspansi yang lainnya adalah mengatur sedikit banyaknya freon yang disalurkan ke evaporator. Jumlah freon yang akan disalurkan evaporator akan disesuaikan sesuai beban pendinginan AC.

    Nantinya, katup ekspansi akan mengabutkan freon dengan jumlah sesuai dengan sensor panas di komponen sensing tube. Jika sensor panas ini memiliki derajat yang semakin tinggi, freon harus disalurkan dalam jumlah yang semakin banyak. 

    Menurunkan tekanan pada freon

    Fungsi terakhir yang dimiliki expansion valve ialah menurunkan tekanan freon. Proses produksi dari freon mulanya berasal dari kompresor, kemudian komponen ini memiliki tugas membantu mengabutkan freon sehingga tekanannya dapat menurun. 

    Pengabutan tekanan di katup ekspansi memiliki tujuan agar proses pendinginan yang dilakukan di evaporator akan menjadi semakin efektif dan membuat udara dingin yang sesuai dengan permintaan. 

    Cara Kerja Expansion Valve

    Cara kerja dari katup ekspansi diawali dengan freon yang mengalir di receiver dryer di komponen ini. Kemudian, heat sensing tube ini nantinya akan mendeteksi panas yang berasal dari freon melalui saluran outlet evaporator.