Berita

    Simak Hal yang Menyebabkan Garansi Resmi Mobil Hangus

    Garansi resmi mobil hangus merupakan hal yang sangat disayangkan. Terlebih jika kehangusan tersebut berlangsung sebelum masa berlaku garansi habis. Pastinya, hampir semua pemilik mobil akan merasa rugi dan menyesal akan terjadinya hal ini.

    Memang penyesalan selalu datang di akhir. Maka demikian, untuk mencegah hangusnya garansi mobil, sebaiknya Anda mengetahui apa saja penyebabnya supaya bisa dihindari. Informasi yang terkandung dalam artikel ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya.

    Penyebab Garansi Resmi Mobil Hangus

    Seperti yang Anda ketahui, setiap pembelian mobil baru, pastinya garansi diberikan pula. Nah, garansi tersebut biasanya memiliki jangka waktu dan aturan-aturan tertentu. Anda dihimbau memenuhi aturan-aturan ini agar garansi tidak lekas hangus sebelum masa berlaku habis. 

    Perlu diketahui, biasanya jangka waktu tertentu yang biasa dimiliki garansi adalah kurang lebih 2 sampai 5 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ada yang berlaku sampai 7 tahun. Jangka waktu jaminan pabrikan mutlak ini bergantung pada merek dan jenis mobil. 

    Nah, dengan mengantongi garansi mobil, Anda sebagai pemilik pastinya bisa merasa jauh lebih tenang dan aman dalam penggunaan kendaraan. Karena, beragam kerusakan teknis mobil dalam jangka waktu itu bisa ditanggung pabrikan.

    Namun hal ini masih harus tetap dalam atau dalam  ‘jika memang cocok dengan kriteria dan aturan yang tersedia’. Sudah bisa ditebak, banyak orang yang tidak begitu menghiraukan kriteria beserta aturan yang tersedia dalam garansi sehingga mengakibatkan hangus atau tidak berlaku.

    Jadi, sangat penting untuk Anda agar selalu memahami apa sajakah yang bisa menghanguskan garansi mobil. Di bawah ini adalah 5 penyebab yang dapat membuat garansi hangus:

    • Melakukan Perawatan Tidak Melalui Bengkel Resmi

    Setiap pemilik mobil memang dianjurkan untuk merawat kendaraannya dengan baik untuk memeroleh performa yang optimal. Nah, perawatan yang baik sendiri bisa diperoleh melalui bengkel resmi yang sudah ditunjuk pabrikan. 

    Bengkel resmi pastinya akan melakukan perawatan mobil sesuai prosedur dan standar. Sehingga, potensi kerusakan bisa terdeteksi lebih awal dan mobil pun bisa diperbaiki secara tepat. Selain itu, pastinya hal ini bisa mencegah garansi resmi mobil hangus.

    Jika Anda tidak melakukan perawatan pada bengkel resmi, mobil bisa saja mengalami malfungsi karena prosedur tidak sesuai. Tidak cuma itu, garansi resmi pun hangus. Biasanya aturan tentang servis ini tersedia di buku pedoman atau prosedur garansi. 

    • Modifikasi di Luar Standar dan Suku Cadang Tidak Original