Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Overheat di Tengah Jalan

    Pengendara mobil sangat disarankan untuk selalu waspada terhadap berbagai jenis kendala. Mobil yang dikendarai bisa saja mengalami kondisi darurat yang harus diatasi demi keamanan dan keselamatan. Salah satu contohnya adalah mobil overheat yang bisa terjadi kapan saja saat berkendara. Kira-kira apa saja penyebab mobil sampai mengalami overheat dan seperti apa cara mengatasinya?

    Penyebab Mobil Overheat

    Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mobil mengalami kenaikan suhu secara ekstrim dan akhirnya overheat. Penyebab ini sebaiknya dipahami oleh para pengendara mobil sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan agar kondisi tersebut dapat dihindari. Berikut adalah beberapa faktor penyebab mobil overheat:

    • Kerusakan Kipas Radiator

    Penyebab pertama adalah adanya kerusakan pada kipas radiator. Kipas ini memiliki fungsi sebagai pendingin radiator sehingga sirkulasi udara bisa berjalan dengan lancar. Jika kipasnya tidak berfungsi lancar atau bahkan mati, maka jelas sekali bahwa sirkulasi udara tidak lancar dan menyebabkan suhu meningkat. 

    Saat kipas pendingin tersebut mati maka tidak ada aliran udara yang bisa mendinginkan coolant di bagian radiator. Akibatnya coolant tidak akan bisa mendinginkan suhu mesin mobil saat bekerja. Secara otomatis suhu akan terus meningkat drastis dan menyebabkan terjadinya overheat

    • Kerusakan Tutup Radiator

    Selain kerusakan pada kipas, overheat juga bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian tutup radiator. Perlu diketahui bahwa tutup radiator ini punya peran penting dalam proses mendinginkan suhu mesin. Penutup ini akan menjadi akses keluarnya cairan akibat adanya tekanan di bagian radiator saat suhu mesin meningkat. 

    Selain kerusakan tutup, bisa juga hal ini dipicu oleh jenis tutup yang tidak tepat. Biasanya ini terjadi setelah mobil Anda mengalami perbaikan di bengkel. Jika tutup radiator diganti namun penggantinya tidak sesuai maka bisa saja sistem buka tutup akan terhambat dan memicu mobil overheat.

    • Kebocoran Radiator

    Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan spare part mobil secara rutin. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada kerusakan pada komponen mobil, termasuk radiator. Ternyata radiator juga bisa mengalami kebocoran akibat korosi. Jika terjadi kebocoran maka cairan pendingin akan terbuang begitu saja dan tidak bisa mendinginkan suhu mesin.

    Solusi Mengatasi Overheat Mobil